Kesenian Musik di Desa Blega

Kesenian Musik Daul 


        Musik daul atau musik tong-tong merupakan kesenian musik yang khas di daerah Madura. Musik daul merupakan musik khas yang unik dan terdiri dari gabungan berbagai alat musik tradisional sehingga membentuk irama yang dinamis. Selain menggunnakan alat musik tradisional yang khas dari madura seperti kentungan yang terbuat dari bambu, para pemain biasanya juga menggunakan alat musik yang dibuat sendiri seperti botol galon, panci, ataupun drum-drum berukuran besar.
        Musik daul selain dimainkan dalam bentuk instrumen, biasanya juga dilengkapi dengan nyanyian ataupun lagu-lagu. Lagu-lagu yang dibawakan biasanya lagu-lagu madura, seperti pajjar Laggu, Olle Olang, ataupun lagu qosidah'an serta bisa juga dengan lagu pop dan dangdut yang digemari masyarakat.
        Kesenian musik daul di desa Blega sendiri sangat dijaga dan dilestarikan hingga sekarang. Dari data yang diperoleh penulis dari hasil wawancara dari warga dan juga salah satu pemain musik daul lanceng kauman dari dusun kauman menyebutkan bahwa di setiap dusun ada grup musik daul ini, akan tetapi hanya ada 8 grup besar di desa blega ini antara lain:
    1. Laskar Sakera di dusun Kemasan
    2. Lanceng Kaoman di dusun Kaoman
    3. Mutiara Blega  di dusun Morlaok
    4. Kacong Angkara
    5. New Barong Mas di dusun Berek Lorong
    6. Blega Alapola di dusun Baban
    7. Andas Blega
    8. New Arsem di dusun Sempar Dejeh

        Di Dusun Kaoman sendiri mempunyai grup musik daul yang beranggotakan sebanyak 20 orang bernama lanceng kauman yang diketuai oleh bapak Faris. Lanceng Kauman sendiri pernah mewakili musik daul atau musik tong-tong se Kab. Bangkalan, serta sering memenangkan perlombaan di acara-acara 17 agustusan di Kec. Blega maupun acara hari jadi Bangkalan. Latihan yang mereka lakukan yaitu setiap sore.
        Keunikan Lain dari musik Daul atau musik tong-tong selain hasil musik yang di keluarkan, biasanya juga kereta atau tempat alat musiknya juga di hias sedemikian rupa dan bermacam-macam hiasan. Kereta ini pun bisa di bawa dengan di dorong atau ditarik bersama sambil memainkan alat musik yang ada.
Contoh hiasan kereta musik daul

ninda syawitri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar